Selasa, 07 April 2009

Pabrik Baja di Kalsel Selesai Desember 2010

PEMBANGUNAN pabrik besi spons (bahan baku baja) di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel, ditargetkan selesai pada Desember 2010 dan sudah bisa berproduksi komersil pada Mei 2011.

"Selesai Desember 2010 dan bisa berproduksi komersil pada Mei 2011," kata Dirut PT Krakatau Steel (KS) Fazwar Bujang pada pemancangan tiang pondasi pabrik besi spons yang diresmikan Wapres Jusuf Kalla di Tanah Bumbu, Kalsel, Selasa (7/4).

Pembangunan pabriknya sendiri, menurutnya, membutuhkan dana Rp707 miliar belum termasuk biaya bunga selama konstruksi (IDC) Rp110 miliar dan modal kerja Rp132 miliar, sehingga total sekitar Rp950 miliar.

Di masa depan, ujar Fazwar, pabrik di Tanah Bumbu ini ditargetkan juga akan bisa memproduksi baja batangan sebagai bahan baku infrastruktur nasional, sedangkan pabrik Krakatau Steel di Cilegon dikhususkan untuk bahan baku manufaktur dan industri berat seperti untuk peralatan militer, dan perkapalan.

Pembiayaan proyek yang akan dikelola PT Meratus Jaya berasal dari ekuitas (saham) 35 persen atau sekitar 25 juta dollar AS dan 65 persen atau 49 juta dollar AS berasal dari pinjaman BRI.

Kepemilikan saham pengelola proyek tersebut PT Meratus Jaya, mayoritas dimiliki PT Krakatau Steel (KS) sebesar 61 persen, PT Aneka Tambang Tbk 31 persen serta Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan delapan persen berupa tanah 200 ha.(Ant)


Sumber

Berita Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar