Sabtu, 16 Mei 2009

Lagi = Haking Situs Pemerintah Jabar

BANDUNG, (PRLM).-Situs pemerintah provinsi Jawa Barat, portalkomunikasi. jabarprov.go,id diserang hacker sejak Senin (20/4) lalu. Namun demikian, operasional situs, baik untuk mengunduh maupun memunggah data tidak terganggu.


Kasie Penyajian Data dan Informasi di Dinas Informasi dan Komunikasi Pemprov Jabar, Ika Mardiah menjelaskan, situs portalkomunikasi.jabarprov.go.id disusupi hacker yang memasukkan foto presiden pertama RI, Soekarno, ke beberapa halaman situs itu. Foto itu hanya menutupi bagian atas-tengah halaman situs, dan tidak mengganggu operasional situs.
"Selain foto, pihak yang meng-hack situs portalkomunikasi juga menyampaikan pesan teks. Saya lupa lagi isi lengkapnya, namun pada intinya hacker itu memprotes pemilu legislatif 2009," kata Ika, Rabu, (22/4).


Gangguan terhadap situs pemprov Jabar itu, kata Ika, sudah terjadi sejak Senin (20/4). Pengelola situs pun sudah memperbaikinya saat itu juga, namun sampai Rabu (22/4) serangan hacker masih terus terjadi.


Berdasarkan pemantauan terhadap situs pemprov Jabar sampai Rabu petang, situs portalkomunikasi.jabarprov.go.id masih belum bisa dibuka.


"Admin sistem kami masih terus memperbaiki dan memantau operasional situs," kata Ika.
Dijelaskannya, gangguan terhadap situs pemprov Jabar tidak sampai mengganggu Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE, karena hal itu ditangani langsung oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).


Di samping itu, jika terjadi gangguan terhadap situs internet pemerintah, Pemrpov Jabar langsung berkoordinasi dengan Lembaga Sandi Negara.


"Pokoknya pengamanannya bertingkat dan pemantauan dilakukan secara terus menerus," kata Ika. Dijelaskannya pula, bahwa gangguan terhadap situs pemprov Jabar baru kali ini terjadi.(A-132/kur)***

Sumber

Berita Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar