Jumat, 03 Juli 2009

Pandangan Politik

Bersama rekan-rekan didalam suatu kesempatan kemaren memperbincangkan keadaan politik di Indonesia saat ini.


Perkembangan terakhir menurut gambaran kami bahwa pada umumnya situasi politik pada arus bawah sebenarnya sudah mengindikasikan ke suatu arah pilihan pasangan capres-cawapres.


Masyarakat secara umum memang mengamati dengan cermat setiap perkembangan yang terjadi, dengan lebih dewasa, dan tetap dalam koridor persatuan. Berbeda dengan statemen atau ucapan para elit politik dan media massa yang menyatakan bahwa suhu politik memanas sepertinya itu hanya terjadi di kalangan tertentu saja.


Didalam bersikap masyarakat juga nampaknya sudah jauh lebih dewasa, hal terbukti dari sebagian besar orang-orang yang berada disekeliling saya yang mengatakan bahwa “kita lihat saja mereka dari perbedaan-perbedaannya, namun jangan sampai terprofokasi”.


Terhadap demo-demo yang terjadi, rata-rata dari kami juga berkesimpulan bahwa jika 1000 orang berdemo mengatakan mewakili masyakarat atau golongan tertentu maka itu benar, tapi jika mewakili masyarakat secara luas itu bohong besar. Demo yang saat ini sering terjadi lebih umum karena dorongan, permintaan dan rekayasa semata.


Politik itu aneh dan sangat-sangat aneh jadi janganlah kita menyikapinya secara berlebihan apalagi menjadi pendukung setia suatu golongan, politik itu nampaknya tidak jauh beda dengan angin, arahnya sangat-sangat tidak jelas dan sangat mudah berubah, jadi janganlah terlalu berpegangan terlalu kaku didalam berpolitik, politik itu memang penting tapi jangan berlebihan.


Didalam dunia politik perbedaan strategi dengan tipu muslihat sangatlah tipis padahal dalam hakikatnya berbeda.


Jadi santai sajalah


43 Things Tags:


Technorati Tags:

Berita Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar